SOSOK

RUSLI, SP, MM ; Bersahaja Untuk Bahagia

SEMAKIN Berisi, Semakin Merunduk, nampaknya ilmu padi ini menjadi landasan hidup dari Sosok Rusli, SP, MM yang sering di sapa Rusli. Kebersahajaan pria kelahiran 30 September 1859 ini terlihat dari sikap kesehariannya.

Saat ini Ia mengemban amanah sebagai Assisten 1 Setda Kab. Muba. Jabatan strategis yang diembannya saat ini tak membuat dirinya jumawah dan tetap selalu berusaha menjadi orang yang supel dan hambel dalam kesehariannya.

Terlihat bahwa sifat yang Ia miliki sebagian besar dari proses kehidupan yang Ia jalani. Memulai karir dari nol, dan juga berasal dari keluarga sederhana, membuat dirinya gigih dalam bekerja dan mengemban amanah, yang sudah tumbuh sejak kecil. Ia memulai karir sebagai penyuluh lapangan di Kecamatan Sekayu di Dinas Perkebunan usai lulus di SPM Sembawa Banyuasin hingga mencapai posisi saat ini.

Selain pengalaman tersebut, Rusli mengungkapkan bahwa keberhasilannya saat ini juga karena faktor dukungan keluarga, dari istri tercinta Hj Halimah dan ketiga anaknya.

Jiwa bersahaja yang tertempa dalam kepemimpinannya, membuatnya mampu membawa keberhasilan dalam mendidik ketiga anaknya sehingga berguna dan dapat mengabdi sebagai abdi negara bahkan salah satu putranya sudah menjadi camat salah satu kecamatan di Musi Banyuasin.

Awal karir sebagai penyuluh di rasakan selama 2 tahun, kemudian berkat kegigihan dan kesungguhan bekerja dan melakukan penyuluhan secara baik, pada tahun 1984 akhirnya di angkat menjadi PNS di tempat yang sama, kemudian berkat usaha, dedikasi dan loyalitas dalam bekerja sesuai ilmu terapan, pada tahun 1997 dirinya dipercaya sebagai Kasubsi Dinas Perkebunan hingga tahun 2000 dan kemudian dirinya dipercaya menjadi Kasi pada Dinas yang sama yaitu Dinas Perkebunan.

Pada tahun 2007 dirinya mendapat amanah baru sebagai Kasubdin Produksi, kemudian atas keberhasilannya meningkatkan produksi perkebunan warga Musi banyuasin, pada tahun 2008 dirinya menjadi Sekretraris, dan kemudian pada tahun 2010, atas dedikasinya yang telah terbukti, Ia dipercaya menjadi Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun).

Selama menjalani pengabdiannya, Ia telah banyak berhasil dalam mengatasi sengketa lahan di Kab Muba hingga memberikan kemajuan di bidang perkebunan. Dan pada tahun 2013 hingga sekarang, dirinya masih di berikan amanah sebagai Assisten 1 Setda Muba.

Rusli mengungkapkan apa yang di capai bukan tanpa proses dan usaha namun apa yang di capainya saat ini adalah bukti dari ketekunan dan keuletan serta rasa tanggung jawabnya dalam memangku amanah.

Selain itu, dukungan dan do’a serta semangat seorang istri dan anak-anaknya, menjadi kunci dalam mencapai keberhasilannya.

Namun, Ia selalu berikhtiar untuk tidak terlena dalam memangku sebuah jabatan, karena baginya jabatan itu adalah amanah, dan pasti memiliki tanggung jawab. Baginya, jabatan hanya untuk membuat perubahan besar dan menciptakan kemakmuran.

Menurut prinsipnya, keberhasilan bukan hanya diukur dari karir, tetapi juga dari keberhasilan membimbing keluarga serta mendidik anak sehingga bisa berguna bagi nusa bangsa dan agama. (Hrs)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close