ADVSUMSEL

Lumbung Padi Desa Pahang Asri Mampu Hasilkan Total 2,1 Milyar

OKU Timur, KabarSriwijaya.com – Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung kabupaten OKU Timur adalah salah satu desa yang berhasil melaksanakan pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) secara ekonomi dan menghasilkan.

Ini dibuktikan dengan berdirinya tiga buah gudang lumbung beras, sejak Tahun 1978 di masing-masing dusun di desa tersebut, yaitu lumbung padi di dusun karya bersatu, karya Bhakti dan karya jaya. Untuk setiap lumbung yang ada, bisa menampung beras dengan kapasitas penyimpanan sebanyak 80 ton lebih per tahunnya.

Kepala Desa Pahang Asri Ahmad Suryadi, saat diwawancarai wartawan kabarsriwijaya mengatakan, pengelolaan lumbung ini dilakukan secara bersama-sama oleh warganya dan menjadi salah satu penggerak ekonomi di desa Pahang Asri.

ADV3.RA

“Semua kami kelola sendiri secara swadaya dan bersama, semua masyarakat desa terlibat. Pertahun, dari tiga lumbung kita bisa menghasilkan total hingga 330 ton beras atau sekitar 2,1 Milyar,” jelasnya saat dibincangi di kantor desa Pahang Asri, Kamis (26/1/2017).

Dengan luas lahan sekitar 240 hektar, penghasilan beras secara keseluruhan masyarakat desa Pahang Asri bisa mencapai 2700 ton selama setahun. Dari hasil tersebut, masyarakat sepakat menyisihkan satu kilogram beras per setiap sembilan kilogram beras dari hasil panen. Kemudian hasil yang terkumpul, setiap akhir tahun dilakukan pembagian secara merata kepada masyarakat dan untuk pembangunan desa.

“Dari Per 9 kilogram beras hasil panen, 1 kg untuk PAD mas, kalau pertahun yang masuk ke lumbung sekitar 330 ton, tiap akhir tahun kita bagi rata ke masyarakat. Untuk PAD sendiri, dari total keseluruhan lumbung sekitar 13-14 ton setiap tahun untuk pembangunan desa,” tambahnya.

Lumbung Padi.RA

Sementara itu, Camat BP Peliung Jon Kenedi mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh desa Pahang Asri dalam meningkatkan PAD dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Baru desa Pahang Asri di OKU Timur yang memiliki lumbung beras dan pengelolaannya bisa menjadi sumber PAD, ini berkat kekompakan warga bersama perangkat desa, semoga ini dapat mensukseskan program pemerintah untuk swasembada beras,” ujarnya.

ADV4.RA

Tahun 2017, pemerintah desa mencanangkan target 360 ton beras atau 3000 ton beras secara keseluruhan. Desa pahang asri ini Tahun lalu mendapatkan kunjungan dari Kementerian Desa terkait lumbung dan kelompok ternak sapi ini, bertekad menjadikan desa Pahang Asri menjadi desa percontohan untuk lumbung padi dan pupuk organik. (Adv/Eko)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close