PaliSUMSEL

Sungai Abab Meluap, Puluhan Rumah Terendam

Luapan Sungai Abab.BB

PALI, KabarSriwijaya.com – Akibat hujan deras yang mengguyur beberapa hari ke belakang membuat Sungai Batang Hari Abab meluap, hingga menyebabkan puluhan rumah yang berada di pinggiran sungai di Desa Karang Agung, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), terkena banjir.

Pantauan dilapangan, untuk melakukan aktivitas sehari-hari keluar rumah panggung  yang terkena banjir warga setempat membuat lamban (kayu, bambu dan papan, dipasang di atas air), sebagai penghubung dari rumah ke daratan.

Diakui warga setempat banjir, tersebut merupakan banjir musim atau tahun, warga membuat rumah panggung agar air tak masuk ke rumah warga yang menjadi langganan  banjir dampak dari luapan Sungai Batang Hari Abab.

“Banjir tahunan, jadi setiap Sungai Batang Hari Abab, meluap ditambah hujan deras pasti air masuk ke permukiman pendukuk,” kata Mar, warg Karang Agung, Minggu (26/03/2017).

loading...

Dia mengatakan, banjir tersebut sudah dua pekan terjadi dengan kedalaman mencapai dua meter. “Kalau rumah warga yang dekat dengan sungai banjir kedalaman sampai dua meter, sedangkan kalau jauh dari sungai sampai lutut orang dewasa, ada puluhan warga yang terkena banjir,” katanya.

Ditambahkan Tasi, untuk melakukan aktivitas sehari-hari warga setempat secara gotong royong membuat lamban.

“Kami buat lamban secara gotong royong. Lamban itu, menghubungkan rumah warga dengan warga terkena banjir ke daratan,” ujar Tasi.

Dikatakan Tasi, hingga saat ini, belum ada bantuan dari pemerintah, terhadap warga yang terkena banjir itu. “Sudah dua pekan lebih, kami terkena banjir belum ada bantuan dari pemerintah.” Pungkas Tasi. (BB)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close