ADVOKU Timur

Bangun Kawasan Perbatasan, Bupati OKU Timur Bertekad Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

OKU Timur, KabarSriwijaya.com – Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten OKU Timur berupaya melakukan percepatan pembangunan Infrastruktur, terutama di kawasan perbatasan.

Komitmen ini disampaikan oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di beberapa kecamatan diantaranya meliputi Kecamatan Belitang Mulya, Kecamatan Belitang II, Kecamatan Semendawai Suku III, dan Kecamatan Semendawai Timur, Kamis (19/10/2017).

ADV Kunker6

Pantauan dilokasi, dalam kunker yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Belitang Mulya, selain dihadiri langsung oleh Bupati, turut hadir seluruh Kepala OPD Kabupaten OKU Timur, Camat terkait, Para kades, serta masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kholid menjelaskan berbagai upaya yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam usaha Peningkatan Akses Jaringan Infrastruktur dan Peningkatan Perekonomian di 4 Kawasan Kecamatan, diantaranya yaitu : Bappeda dan Litbang Kab OKU Timur pada tahun anggaran 2017 ini sedang melakukan studi pengembangan kawasan perbatasan yang memiliki akses ke jalan tol Trans Sumatera.

“Upaya ini dilakukan untuk menggali potensi baik pengembangan jaringan infrastruktur maupun pengembangan potensi lain yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” urai Kholid.

ADV KUNKER2

Lanjutnya, Peningkatan dan pemantapan jaringan jalan kabupaten dan pendekatan dengan Dinas PU Prov Sumsel dalam penanganan jalan provinsi terus diupayakan untuk membuka akses yang lebih luas dan cepat menuju jalan Tol Trans Sumatera maupun jalan lintas timur sumatera.

Selain peningkatan akses Jalan, Kholid juga memaparkan program Normalisasi Sungai Burnai di Wilayah Kecamatan Semendawai Suku III dan Semendawai Timur akan terus dilanjutkan untuk memastikan berkurangnya genangan air dan banjir serta mengurangi resiko gagal panen.

Ditambahkan Kholid, Pengembangan kawasan perumahan dan pemukiman yang layak dan sehat menjadi program prioritas di kawasan-kawasan yang perlu dilakukan penanganan di Kabupaten OKU Timur.

BACA JUGA :  Sukseskan Pilkada OKUT, PPK BP Peliung Intensifkan Koordinasi dengan Instansi Terkait

“Selain itu, Pemkab akan berupaya mempertahankan swasembada padi dan meningkatkan produksi pangan. Dan hal ini akan diprioritaskan melalui upaya cetak sawah di Kec Semendawai Timur,” jelas Kholid.

“Pemkab juga akan merehab jaringan irigasi di Kec Semendawai Timur, Belitang Mulya, dan Semendawai Suku III serta Pengembangan irigasi pompa di Kec Semendawai Suku III,” tambahnya.

ADV Kunker5

Dijelaskannya lagi, Pemerintah juga akan mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dapat meningkatkan usaha kecil dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi perdesaan dengan upaya mengintensifkan dana bergulir berupa pinjaman lunak yang akan dikembalikan.

ADV KUNKER4

“Proses pembangunan tidak akan pernah selesai. Karena kebutuhan manusia semakin lama semakin tinggi. Konsep pembiayaan pembangunan secara bergotong royong antar desa bisa dilakukan,” terang Kholid.

Lanjut Kholid, Bumdes hendaknya yg menguntungkan dan dapat di manfaatkan oleh seluruh masyarakat. (RA/ADV)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close