ADV

Bupati OKU Timur Siap Kembalikan Kedaulatan Pangan Nasional

OKU Timur.KabarSriwijaya.Com – Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Sumsel yang dikenal sebagai wilayah penghasil pangan terbesar.Dengan adanya fasilitas pengairan irigasi teknis yang telah diatur sedemikian rupa, membuat Kabupaten OKU Timur disetiap tahunnya terus melakukan penambahan atau perluasan area lahan persawahan, baik sawah teknis maupun sawah tadah hujan.tentunya hal demikian dilakukan dengan manfaatkan berbagai lokasi yang dinilai dapat menunjang hasil panen disetiap tahunnya.Demikian dikatakan bupati OKU Timur Kholid Mawardi dalam sambutannya pada saat panen raya di Dusun Pasundan, Desa Tanjung Mulya, Kecamatan Buay Madang Timur, Senin, (28/01/2018).
Dalam kegiatan panen perdana ini, turut hadir Dandim 0403 Letkol Armed Agung Widodo, Kasi Produksi Badan Pusat Statistik Jupni Amnus, Kepala Dinas Pertanian Ruzuan Effendi, Camat Buay Madang Timur Marius Markus, Kepala Desa Tanjung Mulya M Fakehudin, Ketua Kelompok Tani Gemah Ripah Ishak serta turut disaksikan juga seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat.
Sebagai bentuk kesiapan pemerintah daerah dalam Kembalikan Kedaulatan Pangan Nasional, khususnya di Bumi Sebiduk Sehaluan, Bupati OKU Timur, HM Kholid MD beserta seluruh Kepala OPD melakukan kegiatan panen padi perdana di area lahan sawah seluas 30 hektare milik Kelompok Tani Gemah Ripah yang terletak di Dusun Pasundan, Desa Tanjung Mulya, Kecamatan Buay Madang Timur.
“Tahun ini Kabupaten OKU Timur berhasil menuai hasil panen yang terbilang cukup melimpah jika dibandingkan pada hasil panen sebelumnya. Dengan hasil panen yang melimpah ditahun ini, pastinya kita siap untuk mengembalikan Kedaulatan pangan nasional, tentunya hal ini juga masih membutuhkan dukungan peran serta petani yang sudah bekerja sangat baik sehingga mampu menuai hasil panen yang melimpah,” ucap Bupati.
Dikatakannya bahwa panen padi sawah di musim tanam 2018 merupakan sebagai wujud kebersamaan dan juga komitmen dari seluruh pemangku kepentingan serta seluruh petani yang berperan serta untuk bersama–sama dalam membangun lini pertanian di Bumi Sebiduk Sehaluan.
“Kegiatan panen perdana ini merupakan bentuk rasa syukur kita semua akan hasil dan nikmat yang diberikan Allah SWT. Selain itu juga, bentuk rasa syukur atas rezeki yang telah dilimpahkan selama ini. Semoga hasil panen ini bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan ditahun depan hasil panen dapat lebih meningkat serta membawa keberkahan,” terang Bupati seraya penuh rasa syukur.
Pihaknya berharap, disektor lini pertanian Kabupaten OKU Timur kedepannya harus dapat lebih maju dan juga para seluruh  pemangku kepentingan serta masyarakat dapat memberi dukungan. Salah satu bentuk dukungan yang dimaksud, seperti dengan cara membeli dan menggunakan produk lokal

Sementara itu Kadis Pertanian Ruzuan Effendi mengatakan, sampai bulan maret diperkirakan panen raya padi di Kabupaten OKU Timur mencapai 42 ribu haktar dan untuk tahun ini hasil produksi cukup bagus salah satunya di lokasi Deam Area Budidaya Tani Sehat Kelompok Tani Sido Makmur, Desa Sukodadi, Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur, dengan hasil ubinan rata-rata 7,43 kilogram per ubin jika dikonversi menjadi 11.888 kilogram Gabah Kering Panen (GKP) per hektar.

“hasil yang baik ini tidak terlepas dari arahan Bupati, dan semoga untuk tahun tahun berikutnya melalui arahan bupati hasil panen padi kedepan bisa lebih meningkat,” pungkasnya.(Adv/RA)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close