ADVMusi Rawas

Buka Acara BERKAH, Bupati Ajak Aparatur Lebih Kreatif

Musi Rawas, KabarSriwijaya.com – Bertempat di Alun-Alun Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, Kamis (04/04/2019), Bupati H Hendra Gunawan membuka Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa (APDDBM Pemdes) Tahun 2019, dengan tajuk Bersatu Kita Hebat (BERKAH) yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).


Di kesempatan itu Bupati menyampaikan, pelatihan APDDBM Pemdes sangat penting untuk untuk mengoptimalkan kesiapan peran aparatur pemerintahan desa dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat tingkat desa. Pemerintah Desa harus siap dan dituntut lebih kreatif, karena sudah diberi hak pengelolaan anggaran secara mandiri, sesuai dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014, desa sudah mendapatkan kucuran dana dari APBN. Dimana kucuran dana tersebut tidak akan melewati perantara, langsung sampai ke desa.

Dengan adanya Undang-Undang tersebut yang merupakan salah satu komitmen besar untuk mendorong perluasan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu diperlukan pembangunan sampai ke desa-desa dan diharapkan tidak ada lagi desa tertinggal dan sekaligus pembenahan manajemen administrasi desa di Kabupaten Musi Rawas, kata Bupati.

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Musi Rawas, Mefta Jhoni melalui sekretaris Alexander Zulkarnain saat wawancara mengatakan, kegiatan BERKAH DPMD ini merupakan salah satu kewajiban menjalankan tugas dan fungsi dalam membantu Bupati Kabupaten Musirawas, dalam urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa.

“Tujuannya membantu Bupati menciptakan administrasi yang tertib di desa untuk mencapai visi misi Musirawas Sempurna,” ujar Alex.

Dijelaskannya, kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan di tujuh tempat secara estapet, Setelah pembukaan di Kecamatan Tugumulyo selanjutnya menyusul akan diselenggarakan di Kecamatan STL Ulu Terawas, BTS Ulu, Muara Kelingi, Jayaloka, Muara Beliti dan Purwodadi, setiap tanggal 4 April 2019.

Adapun peserta kegiatan APDDBM Pemdes diikuti oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Ketua TP PKK Desa di setiap Kecamatan tempat dilaksanakannya acara tersebut, dan yang menjadi narasumber dalam acarah BERKAH yakni Bupati H Hendra Gunawan, Dandim 0406 (Musirawas Lubuklinggau dan Musirawas Utara), Kapolres Musirawas, Kajari Lubuklinggau, dan Kepala Dinas PMD Musi Rawas, jelas Alex. (ADV/SABRI)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close