DAERAHMusi Rawas

Freewan: Pentingnya Menjaga Kelestarian Sungai

Musi Rawas, KabarSriwijaya.com – Merasa terpanggil untuk melestarikan biota sungai, terutama di Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Camat Muara Lakitan, Freewan Novio bekerjasama dengan Polisi melakukan patroli di Sungai Musi. Minggu, (07/07/2019).

“Penting menjaga kelestarian sungai, demi anak cucu kita,” kata Frewan saat ikut patroli dengan Kapolsek Muara Lakitan.

Saat ini, lanjutnya, sudah banyak jenis ikan yang sudah mulai langka, karena masih banyak masyarakat menangkap ikan dengan menggunakan bahan kimia beracun, dan juga menggunakan setrum.

Saat menangkap ikan menggunakan racun dan setrum, semua mahluk hidup di lokasi penangkapan akan mati, lama kelamaan jenis ikan yang tergolong lambat pertumbuhannya akan punah.

“Bukan hanya ikan besar, anak ikan dan biota lainnya akan mati, bayangkan jika dilakukan terus menerus,” tanya Freewan.

Patroli dilakukan tidak lain, untuk mencegah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara melakukan peyetruman dan menggunakan bahan kimia beracun, demikian Freewan.

Sementara Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Lakitan, Iptu M Romi mengatakan, bahwa dirinya bersama dengan camat Muara Lakitan serta anggota lainnya melaksanakan patroli air, di sepanjang Sungai Musi, dan akan rutin dilakukan menggunakan Speedboat Polri.

“Kegiatan ini mencegah penangkapan ikan secara illegal,” kata Kapolsek.

Pihaknya juga memberitahukan kepada masyarakat, melakukan penyetruman ikan dan hewan disungai, melanggar UU RI Nomor 31 Tahun 2004 pasal 84 ayat 1 Jo dan Pasal 85 tentang perikanan, dengan ancaman pidana 5 tahun dan denda Rp. 2 miliar. (BRY)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close