SOSOK

H Zainal Arifin Daud; Birokrat yang Merakyat

30 tahun mengabdi dan melayani rakyat

BIROKRAT yang merakyat, julukan ini memang pantas disematkan untuk H Zainal Arifin Daud Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Di tahun 1986, H Zainal Arifin Daud yang akrab disapa Ujuk Rifin ini mengawali karir sebagai seorang Sopir Ambulance di RS Rupit. Dan di tahun 1997 dirinya dipercaya memegang amanah sebagai Lurah Rupit. Di posisi inilah, dirinya lebih banyak bersentuhan dengan masyarakat, hingga membuat dirinya dikenal merakyat.

Di tahun 2002, Suami dari Hj Siti Marliana ini menjadi lurah petanang, hingga 2004, kemudian dipercaya sebagai Lurah Sumber Agung.

Lima tahun menjabat sebagai Lurah didaerah ini, sosok yang memiliki motto hidup “Kerja Ikhlas Kerja Nyata”, di tahun 2009 memegang amanah sebagai Sekcam Lubuklinggau Utara II.

Kemudian di tahun 2010 hingga 2012 ia menjabat Camat Lubuklinggau Utara I, dan melanjutkan karirnya sebagai Birokrat sebagai Kabag Persidangan hingga tahun 2014.

Integritas dan loyalitas yang tinggi selalu ditunjukkannya dalam mengemban amanah dan tanggung jawab yang diembannya, dan karena hal ini lah Ujuk Rifin dipercaya menampuk posisi Sekwan DPRD Muratara di tahun 2014.

“Apapun amanah yang dipercaya dalam sebuah jabatan, bila diemban dengan rasa tanggung jawab dibarengi integritas dan loyalitas, Insya Allah akan diperlancar segala urusan,” petuahnya saat awak media ini mewawancarainya di ruangan kerjanya, Kamis (25/07/2019).

Lanjutnya menceritakan, di tahun 2016 dirinya dipercaya memimpin di dinas sosial (Dinsos) Muratara, dan di tahun 2019, dirinya menjabat Plt Sekda Muratara selama 6 bulan, dan saat ini aktif kembali sebagai Kadinsos Muratara.

Selama menjadi Kadinsos, dirinya berhasil mengadakan kegiatan 1000 Relawan Siaga Bencana yang diganjar penghargaan Rekor MURI.

Dan di tahun 2018, Ia juga berhasil mengadakan kegiatan yang juga meraih Rekor MURI yaitu kegiatan 3000 Kader Pemuda Benci Narkoba se-Muratara.

Jelang Pilkada Muratara yang akan berlangsung tahun 2020 mendatang, Sosok Penggagas Program Pembinaan Pendidikan Perubahan Kultur untuk Suku Anak Dalam Pertama di Indonesia ini digadang-gadang banyak mendapat dukungan dari arus bawah untuk maju sebagai kontestan Kepala Daerah, salah satunya Relawan yang siap mengusung Beliau dengan tagline akor#akupadamu. (HS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
4
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close