DAERAHSUMSEL

SMK Negeri Sumsel Siapkan Siswa Jadi Pemimpin

Palembang, KabarSriwijaya.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Sumatera Selatan melakukan upaya nyata dalam menyiapkan siswanya menjadi seorang pemimpin. Salah satunya diwujudkan melalui kegiatan Upgrading Kepemimpinan yang digelar di Aula SMK Negeri Sumatera Selatan, Rabu (26/10/2022).

Menurut Kepala SMK Negeri Sumatera Selatan, Drs. H. Zulkarnain, MT., era globalisasi yang kompetitif saat ini harus disikapi dengan penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk itu, peserta didik tidak cukup dibekali dengan intelektual semata, tetapi juga mesti diarahkan agar menjadi pribadi yang berintegritas dan memiliki jiwa leadership yang kuat.

“Untuk itu, kegiatan seperti upgrading kepemimpinan ini tentunya selain kontekstual juga mesti didukung karena sangat bermanfaat bagi penguatan kualitas diri para siswa,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Hj. Zulva Munayati, S.Pd., M. Pd. menambahkan bahwa kegiatan Upgrading Kepemimpinan merupakan kegiatan rutin di sekolahnya. Kegiatan ini, sebutnya, diarahkan untuk membekali para pengurus OSIS dan organisasi ekstrakurikuler yang ada agar memiliki kecakapan dalam memimpin organisasi.

“Ada lima puluh dua pengurus yang mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan setelah upgrading ini, mereka kian mumpuni dalam memimpin organisasinya”, harap Zulva.

loading...

Upgrading Kepemimpinan kali ini menghadirkan narasumber H. Solehun, M. Pd. Sosok yang notabene Pemimpin Umum Sumselupdate.com dan kenyang pengalaman berorganisasi ini menjabarkan materi yang terkait dengan keorganisasian, pemimpin dan kepemimpinan, tips menyusun program kerja, dan cara membuat proposal kegiatan.

“Anda beruntung aktif di organisasi. Di sini Anda akan belajar menjadi seorang pemimpin dan bagaimana bisa memimpin organisasi dengan baik”, tegas Solehun memotivasi peserta.

Mantan Ketua Umum Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Palembang ini juga menyadarkan peserta bahwa pemimpin itu sejatinya bukan dilahirkan, tetapi oemimpin itu diciptakan.

BACA JUGA :  DPK KNPI Belitang Jaya Tularkan Spirit Juang Dan Kebersamaan Melalui Turnamen Bola Volly

“Bagaimana menciptakannya? Tentunya dengan cara aktif dalam organisasi dan mengikuti pelatihan kepemimpinan seperti yang kalian lakukan hari ini”, imbuhnya.

Peserta upgrading kepemimpinan nampak begitu antusias mengikuti pelatihan. Terlebih, saat narasumber mampu menghadirkan game dan ice-breaking di sela-sela penyampaian materinya. (RLS/SHN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close