Musi Rawas

SDN 1 Sumber Sari Dapat Penghargaan Akreditasi A

Musi Rawas, KabarSriwijaya.com – Dalam acara peringatan empat tahun kepemimpinan H Hendra Gunawan (H2G) dan Hj Suwarti Burlian (H2G BERARTI), banyak memberikan piagam penghargaan atas dedikasi masing-masing di bidangnya, baik olahraga, pendidikan, jurnalistik dan lembaga lainnya.

Salah satu yang mendapatkan penghargaan Bupati tersebut adalah dari dunia pendidikan, yakni SD Negeri 1 Desa Sumber Sari Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, sebagai lembaga Terakreditasi A di Sumatera Selatan.

Di sela-sela acara usai menerima piagam penghargaan tersebut, Kepala Sekolah SDN 1 Sumber Sari, Yulianti mengatakan, tidak mudah meraih predikat tersebut, banyak sekali yang harus dipersiapkan, pada intinya pihak sekolah harus memiliki dan mencapai delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional.

“Semua harus secara komprehensif, menjalin kerja sama yang baik dengan guru, siswa di ruang lingkup sekolah, dan berkesinambungan,” kata Yuli.

Didampingi seorang guru lainnya, Kepala Sekolah cantik ini melanjutkan, ada kebanggaan tersendiri saat sekolah yang Dia pimpin mendapat penghargaan tersebut, artinya semua jerih payah membangun lingkungan sekolah berbuah hasil.

“Namun kita tidak puas sampai di sini, menjaga dan mempertahankan predikat ini jauh lebih susah, namun bisa lebih baik jika kita bekerja sama,” ujar Yuli tersenyum.

Perlu diketahui, Standar Nasional Pendidikan (NSP) merupakan kriteria standar minimum penilaian terkait pelaksanaan sistem pendidikan (sekolah/madrasah) di seluruh Indonesia. Salah satu fungsi Standar Nasional Pendidikan (SNP) ialah sebagai perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan melalui evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Adapun Akreditasi sekolah merupakan suatu proses penilaian sekolah/madrasah secara sistemik dan menyeluruh (komprehensif) agar visi, misi dan tujuan sekolah tercapai secara maksimal.

Sedangkan delapan standar pendidikan yang wajib ada dalam proses akreditasi sekolah dan harus siap menjawab ketika ditanya oleh tim assesor, adalah Standar isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasaran (SarPras), Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian. (BRY)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close