OPINI

Hikmah Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jum,at

Hari Ju’mat merupakan hari yang lebih baik dari pada hari lainnya karena pada hari jum,at memiliki banyak keutamaan dan juga merupakan amalan sunnah dari Rasulullah.

diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih (al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736).

Dan terdapat di dalam Al-Qur’an rahasia yang terkandung dalam setiap huruf, kalimat, dan surat yang ada pada kitab suci Al -Qur’an.

Al -Qur’an selain sebagai kitab suci, sumber hukum dan juga pedoman hidup bagi seorang muslim, bahkan juga ada rahasia yang terdapat di dalamnya yang bisa dimaknai sebagai nilai ibadah yang tiada terhingga.

Mulai dari membaca, mendengar apalagi sampai mampu mengartikan dan juga mengamalkannya.

loading...

Berikut keutamaan surat Al Kahfi dikutip KabarSriwijaya.com dari santrimuda.com.

Dari Abu Sa’id al-Khudri radiyallahu’anhu, dari Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq. (Sunan Ad-Darimi, no. 3273).

Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh AllAlbani dalam Shahih (al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu’anhu

Artinya : “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368: 3/249).

Ibnuk Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih (al-Jami’, no. 6470)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah SAW bersabda,

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”
Manfaat Surat Al Kahfi

BACA JUGA :  Persiapan Pemilihan Umum Di Tahun 2019 Perlu Di Perbaiki Oleh Pihak KPU

Berikut manfaat surat Al Kahfi dilansir Kabar Sriwijaya.com dari laman santrimuda.com.

  1. Membaca Al Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

“Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

  1. Membaca Al Kahfi pada hari Jumat akan mendapat pengampunan dosa diantara dua Jumat

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu’anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

  1. Membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat juga akan mendapat pancaran cahaya diri

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul’atiq.” (HR Al-Hakim)

  1. Rumah yang dibacakan surah Al Kahfi dan Al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu

Sebagaimana yang telah diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal disebutkan bahwa, bahkan sunnah membaca surat Al kahfi pada malam Jumat atau pada hari Jumatnya, dan malam Jumat diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis.

Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jumatnya.

  1. Dipancarkan cahaya diantara dua jumat

Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id al-Khudri bahwa Nabi Saw bersabda: “Barangsiapa membaca yang surat Al Kahfi pada malam jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul’Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273.)

  1. Dipancarkan cahaya diantara dua jumat
BACA JUGA :  Membangun Sirkulasi Politik yang Sehat

Dalam riwayat lain, masih dari Abu Sa’id al-Khudri ra, “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat.”

(HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Imam Ibnu hajar Al-‘Asqalani mengomentari hadits ini da;am Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi.)

  1. Menerangi di hari kiamat

Abdullah bin Umar ra berkata: Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Dari rahasia surat Al Kahfi bisa dijadikan sebagai amalan terbaik bagi setiap umat muslimin terutama dibacakan pada waktu dan jam-jam tertentu sebagaimana yang terdapat pada keutamaan bacaan surat Al Kahfi, manfaat dan artinya sesuai dengan kaidah yang ada di dalamnya.

  1. Melaksanakan sunnah Nabi Muhammad SAW

Melaksanakan sunah nabi akan mendapatkan kebaikan didunia maupun diakhirat.

Membaca atau menghafal surat al-kahfi ini merupakan sunah dari nabi yang banyak manfaatnya serta dapat membawa seseorang dalam kemudahan.

  1. Menjadi orang yang didahulukan dihari akhir

Orang yang memiliki derajat tinggi termasuk orang yang mau mengamalkan surat al-kahfi maka ketika diakhirot akan menjadi orang didahulukan.

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun”

BACA JUGA :  Mengurai Politik Bunyi-Bunyian Pemilu 2019 (Demokrasi Vs Liberalisme)
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close