DAERAHOKU Selatan

Pustaka Indonesia : KPU OKU Selatan Dinilai Tak Cermat Kelola Anggaran, Masyarakat Harus Awasi

OKU Selatan, KabarSriwijaya.com – Pemilihan serentak untuk memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan akan digelar pada 09 Desember 2020 mendatang, dan Kabupaten OKU Selatan adalah salah satu daerah yang akan menghelat pesta demokrasi ini.

Sebagaimana diketahui bersama, untuk penyelenggaraan Pilkada dengan jumlah DPT 259.301 pemilih dan 893 TPS, KPU Kabupaten OKU Selatan mendapatkan anggaran sebesar Rp.45 Miliar.

Dimana jumlah anggaran ini dinilai terlalu besar, untuk menyelenggarakan Pilkada OKU Selatan yang hanya diikuti satu pasangan calon (Paslon).

“Kita ketahui bersama Pilkada OKU Selatan adalah salah satu Pilkada di Sumsel yang hanya diikuti satu Paslon, dan banyak kegiatan dalam Tahapan Pilkada OKU Selatan yang mesti dikritiki karena dinilai menghabis-habiskan anggaran,” ujar Direktur Lembaga Pusat Studi Anggaran dan Kebijakan (Pustaka) Indonesia Haris Saputra, Senin (02/11/2020).

Lanjutnya menerangkan, salah satu contohnya adalah kegiatan Deklarasi Pilkada Damai yang diselenggarakan oleh KPU OKU Selatan pada 24 September 2020.

“Masa iya Kotak Kosong mau bacakan Naskah Deklarasi Pilkada Damai, kan kegiatan ini sifatnya mubazir dan dinilai menghabiskan anggaran saja,” tandasnya.

Koordinator Jaringan Pemantau dan Riset Indonesia (JAPRI) Sumatera Selatan (Sumsel) ini juga menilai bahwa adanya ketidakcermatan dari KPU OKU Selatan dalam mengalokasikan anggaran serta dalam penyelenggaraan-penyelenggaraan kegiatan.

“Lebih baik anggaran untuk kegiatan Deklarasi Pilkada Damai dialihkan untuk kegiatan lain. Misalnya saja penyelenggaraan Launching Pilkada atau kegiatan sosialisasi lainnya, yang menurut kami masih sangat kurang dilakukan oleh KPU OKU Selatan,” tambahnya.

Ia pun berharap, masyarakat OKU Selatan dapat bersama-sama mengawasi penggunaan anggaran Pilkada 2020 terutama anggaran sebesar Rp.45 Miliar yang dikelolah oleh KPU OKU Selatan.

“Harapan kita bersama tentunya agar KPU OKU Selatan dapat lebih cermat dalam pengelolaan anggaran, serta dalam menyelenggarakan kegiatan. Jangan ada kesan menghabis-habiskan anggaran, Masyarakat ingin Pilkada berjalan sukses tanpa adanya penyalahgunaan anggaran,” tutupnya. (HS)

BACA JUGA :  Jadi Pertanyaan Syarat Perpanjang SK Kumpulkan 10 Fotocopy KTP
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close