KomunitasRAGAM

Tegakkan Demokrasi, BP2RI Resmi Dideklarasi

Palembang, KabarSriwijaya.com – Deklarasi dan Seminar Barisan Pemantau Pemilu Republik Indonesia (BP2RI) dengan tema Menakar Ancaman Kecurangan dan Perpecahan Bangsa Menyongsong Pemilu Serentak 2024, sukses diselenggarakan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) Jalan Pangeran Ratu, Kecamatan Jakabaring Kota Palembang, Sabtu (26/03/2022)

Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin mengatakan, untuk kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk fasilitasi KPU dimana kegiatan ini juga bukan program dari KPU. Akan tetapi ini murni 100% ide dari teman-teman pemantau pemilu RI.

Tentu sebagai institusi yang melaksanakan pemilu tentu menyambut baik, dengan adanya Deklarasi dan Seminar kali ini.

“Maka dari itu kita selaku KPU Sumsel memfasilitasi dengan menyediakan tempat yang memang tempat, walaupun tempatnya yang memang belum representatif, “katanya, Sabtu (26/3).

loading...

Lanjut, Muslimin mengungkapkan, ini merupakan salah satu PR bagi KPU Sumsel paling tidak kedepan mempersiapkan aula ini agar lebih baik lagi. “Mudah-mudahan harapan kita kedepan kegiatan ini tidak berhenti hanya sampai disini kita juga ingin bagaimana teman-teman ini dapat menjadi pemantau 2024, “ungkapnya.

Dimana pemantau pemilu ini sendiri masih Muslimin menuturkan, tugasnya bukan hanya melihat atau memantau pemungutan suara melainkan lebih dari itu.

“Harapan kita lebih dari itu terutama dalam hal upaya-upaya dari masyarakat untuk mencegah prektek Money Politik, karena money politik menjadi salah satu faktor yang mencidrai daripada hasil pemilu kita selama ini, “tuturnya.

Sementara itu ditempat yang sama Ketua DPP BP2RI Sigit Muhaimin, S.H,.menambahkan, Barisan Pemantau Pemilu Republik Indonesia ini sendiri dimulai dari Pilkada serentak 2020 kemarin. Dimana setiap tahapan pemilu bukan hanya ketika hari (H) pencoblosan.

BACA JUGA :  Ramadhan Meriah di Hotel Azza, Mulai dari 65 Ribu Rupiah Bisa Nikmati Menu Berbagai Varian

“Kami juga melakukan pemantauan sebagai contoh ketika DPT, DCS, dan seleksi-seleksi komisioner kami sudah melaksanakan. Dan hari ini kami berikhtiar agar BP2RI ini ada di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Lanjut Sigit mengatakan, untuk itu hari ini BP2RI mengadakan deklarasi Barisan pemantau pemilu Provinsi Sumsel, alhamdulillah dihadiri oleh setiap stake holder mulai dari Ketua KPU, Bawaslu, Kapolda, dan pengamat politik yang alhamdulillah sudah dideklarasikan BP2 RI agar ini tersebar di seluruh penjuru Negeri.

“Dimana peran dari pada pemuda dan Mahasiswa, agar menciptakan Demokrasi pemimpin yang baik. Untuk itu setelah ini kita akan adakan Rakerda guna pembentukan 17 Kabupaten/Kota dan kita lanjut dengan provinsi-provinsi lainnya, “pungkasnya. (RLS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close