DAERAHMusi Banyuasin

Tingkatkan Pelayanan, Dinkominfo Muba Gandeng PT Prima Nusa Gemilang

Musi Banyuasin, Kabarsriwijaya.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang dikomandoi oleh Herryandi Sinulingga AP terus mendorong dan memasifkan transformasi digital di sektor pemerintah dalam wilayah Kabupaten Muba.

Tepatnya pada hari, Senin (04/9/2023) berlangsung di ruang virtual room Kantor Dinkominfo Muba, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Sekretaris Dinkominfo Muba Hj Nurzahrawati SPd MT didampingi Kepala bidang persandian dan kepala bidang Aptika melaksanakan teknikal meeting terkait dengan pendampingan Sertifikasi ISO 27001 tentang Keamanan Informasi Terhadap Pelayanan Teknologi Informasi secara virtual dengan Pihak Konsultan yaitu PT Prima Nusa Gemilang.

Dalam kesempatan ini, Hj Nurzahrawati mengatakan bahwa saat ini transformasi digital di sektor pemerintah di kabupaten Muba telah berjalan dan terus dikembangkan secara bertahap. Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya sangat antusias menyambut pendampingan sertifikasi ISO 27001 tersebut.

“Alhamdulillah kita hari ini bisa bertemu dalam teknikal meeting ini. Menyangkut pelayanan pendampingan Sertifikasi ISO 27001di kabupaten Muba ini sangatlah penting bagi kami, karena pendamping sertifikat ISO 27001 ini adalah sebuah standar Internasional yang diimplementasikan oleh sebuah bisnis, perusahaan atau pemerintahan dalam membangun sistem manajemen keamanan informasi. Dengan mengantongi sertifikasi ini, artinya sistem keamanan pada kami ini sudah memenuhi standarisasi,”ungkapnya.

Dikatakan Wati, SPBE juga sudah diterapkan di lingkungan Pemkab Muba. Penerapan SPBE ini sendiri, katanya memiliki empat tujuan, antara lain manajemen kinerja instansi pemerintahan yang transparan dan akuntabel, menciptakan sistem pengawasan yang profesional, independen, dan berintegritas. Kemudian, mewujudkan pelayanan publik yang bersih, dan meningkatkan pengelolaan reformasi birokrasi. Jadi, lanjutnya ” Kami berharap melalui pendampingan ISO ini, data data Kabupaten Muba bisa terlindungi dan aman dari hal-hal yg tidak diinginkan bersama,”tandasnya.

loading...

Sementara, Pihak Konsultan PT Prima Nusa Gemilang menyampaikan apresiasi atas komitmen Dinkominfo Muba dalam meningkatkan pelayanan untuk memajukan pembangunan daerah di Kabupaten Muba.

BACA JUGA :  Tingkatkan Literasi, DPK Muba Gelar Stakeholder Meeting

Dijelaskannya, sertifikasi ISO tersebut salah satu upaya untuk meningkatkan keandalan dan efektivitas sistem keamanan informasi, serta meminimalisir masalah hukum atau kerugian finansial yang mungkin terjadi akibat kebocoran data.

Setelah bimbingan ini, lanjutnya akan dilakukan audit keamanan informasi sesuai standar ISO 27001:2022
“Tujuan utama penerapan ISO 27001 adalah untuk memberikan perlindungan informasi diantaranya untuk membantu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba untuk mengontrol berbagai macam risiko keamanan informasi, dan meningkatkan kepercayaan publik, baik dari pihak Masyarakat, Investor dan OPD,”pungkasnya. (RLS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close