DAERAHNASIONALPolitikSUMSEL

Pj Gubernur Sumsel Fatoni Lakukan Penandatanganan NPHD bersama KPU dan Bawaslu

Palembang, Kabar Sriwijaya.com — Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pendanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk Pemilihan Gubernur/Wagub Sumsel, Bupati/ Wakil Bupati serta Walikota/ Wakil Walikota Tahun 2024 antara Pemprov Sumsel dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Prov Sumsel beserta Pemerintah Kabupaten/Kota dengan KPU dan Bawaslu kabupaten /kota se Sumsel bertempat di Auditorium Graha Bina Praja Pemprov. Sumsel, Kamis (9/11/2023)

Fatoni mengatakan NPHD ini merupakan dasar hukum dalam bentuk perjanjian antara Pemerintah Daerah dengan pihak Penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun Bawaslu.

“Regulasi tersebut mengatur tentang relasi antara Pemerintah Daerah sebagai fungsi penyedia keuangan daerah, berkorelasi dengan persiapan dan pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah, baik pada tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, karena pendanaannya dibebankan pada APBD masing-masing tingkatan” ujar Fatoni.
Pemprov Sumsel telah menganggarkan Dana Hibah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2024 sebesar Rp.307.410.942.740,- dengan rincian untuk KPU Sumatera Selatan sebesar Rp.234.454.246.740,- dan Bawaslu Prov Sumsel sebesar Rp.72.956.696.000,-.

Selain itu sebagai bentuk dukungan pengamanan kegiatan Pemilihan tersebut, Pemprov Sumsel juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.71.345.892.750,- kepada Kodam II/Sriwijaya dan Polda Sumatera Selatan.

“Pada masing-masing kabupaten/kota harus disediakan anggaran 40 persen pada tahun 2023 dan 60 persen tahun 2024 dan skema penggunaan APBD dapat dilakukan jika harus (darurat) demi kepentingan masyarakat umum” jelas Fatoni.

loading...

Fatoni mengajak untuk sukseskan pilkada damai agar berjalan lancar, dan menjaga marwah Sumsel zero konflik.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan bersama Fakta Integritas KPU RI, Bawaslu Sumsel serta Gubernur Sumsel

Turut hadir Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari SH., M.Si., Ph.D, PLH Deputi Bidang Administrasi KPU RI Yayu Yuliani, Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan S.Pd, PLT. Sekretaris KPU Sumsel Eko Iswantoro. (SB/RIL)

BACA JUGA :  Pj Bupati Apriyadi Sambangi Petani Sawit di Desa Sidorejo Keluang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close