Palembang

Kolaborasi LPSPB dan API Gelar Pentas Seni Kearifan Lokal Anak Pinggir Sungai Musi

Anak-anak Sanggar Ahad menampilkan tarian Nirmala binaan LPSPB dan API

Palembang, KabarSriwijaya.com : Lembaga Pendidikan dan Sosial Pemuda Bersatu (LPSPB) dan Asosiasi Pemuda Indonesia (API) Kota Palembang menggelar acara kesenian yang di ikuti oleh anak-anak pinggiran sungai Musi dengan menampilkan kesenian lokal berupa tari-tarian.

Acara tersebut bertema ‘Kolaborasi Lembaga Pendidikan dan Sosial Pemuda Bersatu dan Asosiasi Pemuda Indonesia dalam Pentas Seni Kearifan Lokal’ berlangsung di Lorong BBC Kelurahan 12 Ulu Kecamatan SU 2 kota Palembang, (19/11/2018).

Anak-anak tersebut dengan gemulai menampilkan berbagai tarian kreasi yang mereka pelajari di Sanggar Binaan LPSPB dan API setiap hari Minggu atau Ahad. Mereka membawakan Tari Nirmala, Tari Ya Saman, selain itu ada juga yang menampilkan Tari India, Nasyid Hadroh, Tari Assalamualaikum dan sebagainya.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Sosial Kota Palembang, Babinkamtibmas Polsek Seberang Ulu II.

Panitia berfoto bersama pejabat terkait

Suryaningsih ketua panitia pelaksana acara yang melibatkan anak-anak pinggiran sungai Musi itu mengatakan, bahwa acara ini dalam rangka untuk meningkatkan kecintaan anak bangsa kepada seni lokal.

loading...

Wanita yang akrab dipanggil Ningsih ini menyebutkan bahwa jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 30 anak binaan sanggar mereka.

Ningsih juga menuturkan bahwa pendiri sanggar Ahad atau Minggu ini adalah ibu Yohanis dan dia sendiri, Suryaningsih.

“Munculnya ide ini karena sekarang sudah jaman anak-anak kurang terarah, anak pada ngelem, narkoba, dari situ kita merangkul anak-anak membentuk suatu wadah untuk kearah yang positif dengan mengadakan kegiatan belajar Ahad atau belajar Minggu. Berdiri mulai 25 Mei 2014 bertepatan dengan hari kebangkitan Nasional”, paparnya.

Ningsih berharap karena ini kegiatan yang baik masyarakat menyambut positif meski ada yang kurang mendukung tapi menurut nya itu hanya segelintir mereka optimis kedepan semakin banyak yang mendukung penuh kegiatan mereka.

BACA JUGA :  Ormas Islam Sumsel Kecam Pernyataan Ahok

“Harapannya kedepan supaya do’akan anak-anak bangsa ini dapat mencintai budaya lokal”, ungkapnya.

H. Azhari Romli SPd MM Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Palembang menyambut baik acara tersebut.

“Acara ini acara yang bagus, yang baik, karena memotivasi anak-anak kita yang mungkin kalau ini bukan anak dari kota tapi di pinggiran kota. Jadi dengan adanya acara ini mereka akan termotivasi bahwa memang banyak kegiatan-kegiatan yang artinya bermanfaat yang dapat mereka ikuti,” ungkapnya.

Azhari berharap acara seperti ini terus berjalan bahkan di minta kedua lembaga tersebut, LPSPB dan API untuk menjadi kegiatan rutin mereka bila perlu jadi agenda tahunan dalam program mereka.

“Harapan kita khususnya kepada kedua lembaga ini kedepan kalau bisa terus ditingkatkan kegiatan ini, baik kualitas kuantitas volumenya sehingga pada akhirnya nanti ini sudah menjadi kebutuhan dan juga bagi kedua lembaga ini sudah terprogram artinya mungkin menjadi acara tahunan yang mereka lakukan,” pungkas Azhari. (SB)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close