DAERAHMuara Enim

DPP API Muara Enim Sikapi Serius Tantangan Dirut PTBA

Untuk Membuktikan Isu Limbah

Tanjung Enim, Kabarsriwijaya.com– Terkait adanya temuan limbah yang berasal dari aktivitas penambangan Perusahaan Batubara di beberapa titik di Sungai Enim, dalam acara silaturahmi Jurnalis dengan Direktur Utama PTBA yang di adakan di GSG PTBA, ada inisiatif dari Rekan-rekan wartawan untuk menanyakan langsung hal tersebut kepada Direktur Utama PTBA Suryo Eko, Jum’at (16/04/2021).

Pertanyaan rekan wartawan ini, dijawab langsung oleh mantan Direktur Transformasi dan Pengembangan Usaha MIND ID, dengan menantang agar rekan wartawan bisa membuktikan kebenaran isue limbah tersebut.

“Silakan Kawan-kawan wartawan buktikan kalau memang limbah tersebut disebakan oleh aktivitas oprasional PTBA maupun perusahaan yang lain,” ujar Suryo Eko.

Eko Mengatakan jangan hanya limbah yang berasal dari PTBA saja, namun juga dari perusahaan lain.

“Dan kalau limbah yang disebabkan oleh oprasional PTBA kami siap menerima info dan teguran dari Kawan-kawan jurnalis. Hal itu pasti akan segera kami tindak lanjuti, Namun tetap harus dikonfirmasikan dulu apabila tidak juga ada respon perbaikan dari kami, maka silakan diterbitkan,” tambahnya.

loading...

Dirut PTBA menambahkan bahwa dirinya menghargai peran dan fungsi wartawan serta independensinya.

Mendengar pernyataan itu Rekan-rekan wartawan sempat tersentak dan merasa tertantang dengan peryataan orang nomor satu di perusahaan BUMN tersebut.

Bukan hanya maslah limbah saja yang menjadi perhatian rekan wartawan, ada masalah kesejahteraan, ekonomi, serta hal lainnya yang berkaitan antara masyarakat dengan perusahaan khususnya yang berada di ring satu perusahaan.

Menanggapi polemik pemberitaan yang terjadi di kalangan Insan Pers di kabupaten Muara Enim, Agustan selaku Ketua Umum Aspirasi Pewarta Independen (API) Muara Enim merasa terpanggil dengan tantangan sang Dirut PTBA tersebut, saat di wawancarai langsung di kediamannya, Agustan mengatakan akan mengintruksikan seluruh Rekan-rekan wartawan dalam Organisasi DPP API untuk mengecek, menginvestigasi masalah limbah tersebut.

BACA JUGA :  DWP Muba Aksi Bagi-Bagi Takjil

“Kami akan terus mendalami dan menggali informasi di setiap kegiatan PTBA, karna PTBA adalah Perusahaan BUMN kalaupun nanti ditemukan indikasi kejanggalan dan merugikan Masyarakat dan Negara kami tidak akan segan segan untuk mempublikasikannya kepada masyarakat ,” tutur Agus.

Sedangkan salah satu tokoh aktivis Muara Enim Edy Yusuf (Edy BTN) menanggapi beredarnya berita pernyataan petinggi PTBA itu, juga sangat tertantang untuk membuktikan isu limbah yang mencemari Sungai Enim tersebut dan juga Hal-hal yang lain yang bersinggungan dan ada keterkaitan antara Perusahaan dengan kesejahteraan Masyarakat yang ada di sekitar Ring Satu (1) wilayah Operasional PTBA.

“Terutama sekali komitmen PTBA untuk menjadikan Kota Tanjung Enim menjadi Kota Wisata yang realisasinya sampai dengan saat ini hanya gaungnya saja dan terkesan lamban dan tidak serius,” ucap Edy Btn.

Sementara itu Gunawan salah satu perwakilan dari DPP API Muara Enim yang hadir dalam acara tersebut menanggapi tantangan itu dengan serius, ini tantangan untuk kita Insan Pers yang ada di kabupaten Muara Enim.

“Ini merupakan hal yang sangat menarik sesuai dengan Instruksi dan arahan ketua umum DPP API kami akan bergerak untuk menggali dan mencari informasi yang akurat terkait Limbah yang diduga mengalir di Sungai Enim tersebut,” Tutup Gunawan. (Refly)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close