Musi Rawas

Disdik Mura Kembali Disorot Soal Pengadaan Unit Komputer SD

Musi Rawas, KabarSriwijaya.com – Belum lama kasus dugaan Mark-Up pengadaan meubelair SMPN Muara Beliti dilaporkan, kini proyek pengadaan komputer yang di peruntukkan untuk puluhan Sekolah Dasar (SD) yang ada di Musi Rawas oleh Dinas Pendidikan menjadi sorotan.

Koordinator LSM Perrwira, Marwan, mengatakan, publik dan lembaga kontrol sosial baik LSM dan Wartawan wajib menyoroti kegiatan tahun 2021 ini.

“Kondisi fisik atau spesifikasi barang diduga lebih rendah dari harga yang dianggarkan,” kata Marwan. Rabu, (18/05/2022).

Dilanjutkan, dari data yang dimiliki, pada tahun 2021 Dinas Pendidikan menganggarkan dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), untuk pengadaan komputer yang berdasarkan pagu anggaran sebesar Rp. 45 juta rupiah per unit dengan total unit berkisar 80 buah.

loading...

Hasil investigasi Perwirra, saat krosscek ke pihak sekolah selaku penerima barang, hanya menerima sebuah laptop merek acer chroomebook dan satu set infocus.

“Kita cek harga laptop merek tersebut kondisi baru berkisar lima jutaan rupiah, sedangkan Infocus, serta perangkat layar bahkan lebih rendah dari harga laptop,” jelas Marwan.

Selaku lembaga kontrol sosial, pihaknya terpanggil untuk membongkar kecurigaan tersebut agar terang benderang, jika nanti terdapat unsur penggelembungan harga, dan program yang diduga tumpang tindih, akan diserahkan ke Aparat Penegak Hukum (APH).

Sementara itu, Supriyanto, Kepala Sekolah Dasar Negeri (SD N) 1 Srikaton Kecamatan Tugumulyo, mengaku pihaknya hanya menerima laptop Accer dan satu set infocus.

“Ada tiga unit Komputer serta infocus yang kita terima pada tahun 2021 lalu dan ini merupakan bantuan pusat,” ujarnya.

Keterangan berbeda dari Semiati Kepala Sekolah Dasar 1 Air Satan Kecamatan Muara Beliti, mengungkapkan jika sekolah yang dipimpinnya tidak ada menerima bantuan Komputer.

BACA JUGA :  Polres Mura Renovasi Masjid Taqwa Desa Bingin Jungut

Namun pada tahun 2021, SD N 1 Air Satan Menerima bantuan Pusat berupa Laptop Chroomebook tiga unit dan infocus melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Musirawas.

Sementara itu, kabid Dikdas saat proyek berjalan yang juga PPTK pengadaan komputer hingga berita ini diterbitkan belum memberikan tanggapan.(BRY)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close