ADVDAERAHPali

Pemda PALI dan IPB Jalin Kerjasama Di Bidang Pendidikan dan Pertanian

PALI, Kabarsriwijaya.com – Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) University, secara resmi menjalin kerjasama dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Serepat Serasan di bidang pertanian.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan, Selasa (4/10/2022) secara langsung oleh Bupati PALI DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM dan Rektor IPB University Prof. DR. Arif Satria.

Turut hadir juga Sekda Kabupaten PALI, Kartika Yanti, SH MH. Beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tokoh pendidikan, tokoh pemuda. Serta diikuti seluruh Dekan IPB University.

Dimana, isi dalam berita acara MoU tersebut dilakukan terkait dengan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan SDM dan Sumber Daya Alam (SDA).

Nantinya, Kabupaten PALI akan diberikan sedikit keistimewaan untuk warganya, yang hendak menempuh pendidikan di IPB University agar dipermudah ikut dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru.

loading...

Dan Pemerintah Kabupaten PALI akan menanggung pembiayaan di IPB University, hingga akhirnya menyandang gelar sarjana, dan bisa kembali mengabdi mengembangkan ilmunya di Kabupaten PALI.

Tidak hanya itu, pemerintah Kabupaten PALI sudah menyiapkan 100 hektar lahan kosong dan strategis, nantinya untuk dibangunkan pusat pendidikan tentang pertanian bagi masyarakat Kabupaten PALI.

Bupati PALI, mengatakan dengan dijalinnya kerjasama ini tentunya kedepan akan ada putra putri asli Kabupaten PALI, yang bisa menggali ilmu di kampus IPB University.

“Semua biaya perkuliahan akan dibantu pemerintah Kabupaten PALI, melalui beasiswa. Dan kita semua berharap setelah nantinya mendapatkan gelar sarjana di IPB University akan kembali untuk membangun Kabupaten PALI,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Ketua ICMI Sumatera Selatan (Sumsel) ini, bahwa lahan yang telah disiapkan tersebut, nantinya akan menjadi pusat pertanian di Kabupaten PALI yang mampu memenuhi kebutuhan sayur mayur dan lainya.

BACA JUGA :  Gubernur Kurban Sapi Brahma di Masjid Agung Palembang

“Jadi di lahan tersebut rencananya akan menjadi pusat pendidikan dan pengelolaan pertanian untuk kita sendiri. Mudah-mudahan MoU ini memberikan dampak yang positif bagi Kabupaten PALI bidang pertanian,” ujarnya.

Sementara, Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria mengatakan, bahwa pihaknya akan memberikan kuota khusus bagi warga Kabupaten PALI untuk kuliah di kampus yang terletak di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kuota akan kita berikan untuk putra putri Kabupaten PALI untuk kuliah di IPB University. Karena, kita memang IPB University memiliki program untuk melakukan pemerataan geografis yang sangat penting dari daerah hingga pelosok ada di IPB University,” jelas pria yang juga Ketua Umum ICMI Pusat ini. (ADV/JHN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close