Empat LawangSUMSEL

Tingkatkan Kedisiplinan ASN Jadi Fokus Pemkab Empat Lawang

Bupati Empat Lawang saat lakukan inspeksi mendadak (Sidak)
Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah saat lakukan inspeksi mendadak (Sidak)

Empat Lawang, KabarSriwijaya.com – Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang dalam membenahi dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara. Salah satu upaya dilakukan dengan Inspeksi mendadak (Sidak) dilingkungan Pemkab Empat Lawang yang dilakukan Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah. Jumat lalu (05/05).

Dalam sidak tersebut, Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah di dampingi Inspektur Ispektorat, Kipli, Kabag Humas dan Protokol, Leo Efriansyah beserta jajaran, staf di Badang Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mendatangi beberapa Dinas dan kantor diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat, Bappeda, Disdukcapil, serta BKKBN.

Namun, sidak kali ini Bupati geram dan kecewa, sebab dari seluruh kantor Sekretariat, Dinas, dan Badan yang didatangi hanya 80 persen pegawai yang ada ditempat, bahkan beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pun tidak ada diruangannya.

“Sidak hari ini hasilnya nol, hanya beberapa pegawai dan Kepala yang ada ditempat. Nanti akan kita evaluasi sesuai hasil sidak dari absen yang kita ambil,” kata Syahril, saat diwawancarai awak media.

Dalam sidak kali ini, Syahril pun sempat memukul meja disalah satu Dinas dikarenakan staf di Dinas tersebut menutupi kehadiran PNS saat ditanyai oleh Bupati.

loading...

“Waktu istirahat itu jam berapa sampai jam berapa, sekarang jam berapa? jangan main-main, saya ini sudah lama jadi PNS jadi tau betul,” cetus Syahril, sembari menepuk meja.

Mengenai banyaknya Kepala Dinas, Kabag, Kepala Kantor, Kepala Badan yang tidak ada ditempat saat sidak, Syahril mengaku, memang dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) itu lebih sulit dari pada membangun fisik atau Infrastruktur.

“Seharusnya sebagai atasan memberi contoh yang baik kepada bawahan, kita tidak akan menyerah untuk membangun SDM ini, sidak akan terus kita lakukan. Memang kalau memperbaiki yang sudah rusak ini lebih sulit dari pada memperbaiki yang baru,” katanya.

BACA JUGA :  Telaah Soal Ujian Sebelum Gelar UTS

Bahkan, Syahril meminta kepada tim agar benar-benar mengecek kehadiran PNS dan disesuaikan antara absen di Finger Print dan absen manual. “Jangan diberi TPP bagi yang tidak masuk tanpa keterangan, enak saja dia dapat TPP tapi tidak masuk,” tegasnya.

Syahril menyebutkan, tidak menutup kemungkinan TPP akan di hapuskan jika dinilai kedisiplinan PNS menurun. “Tidak menutup kemungkinan akan kita hapus TPP, untuk apa jika kedisiplinan pegawai tidak meningkat,” tuturnya.

Sidak ini, lanjut Syahril, merupakan salah satu penilaian tim khusus yang diketuai Sekda dalam menempatan pegawai maupun mutasi.

“Nanti semua kepala dinas akan kita kumpulkan dalam rapat, insya allah senin depan. Pelan-pelan tapi teruskan akan kita bina PNS di lingkungan Pemkab Empat Lawang,” jelasnya. (MD)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close