SUMSEL

Agung, Joncik dan Fauzi Amro, Pilgub Sumsel Berpeluang Muncul Nama Baru

Palembang, Kabarsriwijaya.com – Meski belum ada keputusan resmi dari setiap partai politik siapa cagub-cawagub yang diusung, pengamat politik Sumatera-Selatan M. Haekal Al-Haffafah, S.Sos, M.Sos menilai nama Agung Firman Sampurna dan Fauzi Amro dinilai berpeluang jadi kuda hitam dalam Pilgub Sumsel.

“Agung Firman Sampurna, Joncik Muhammad dan Fauzi Amro adalah 3 nama yang punya kans kuat dalam skema elektoral pilgub kedepan” Ungkap Haekal, Kamis (21/3/2024).

Menurut Haekal, nama-nama tersebut bergabung berpeluang menggeser perhatian dinamika pilgub kedepan, bukan hanya itu pertarungan antar jejaring elit dalam perebutan perahu parpol dilevel nasional juga akan sengit.

“Angka perolehan suara yang diraih oleh Fauzi Amro dalam pileg yang lalu 281.499 adalah top tertinggi nasional dan bukan perolehan suara yang bisa dianggap sepele, perlu diingat pilgub sumsel butuh kerja total itu yang dilakukan Fauzi Amro” jelas Haekal Pengajar Ilmu Politik Unsri tersebut.

Haekal menyebutkan, sampai sekarang belum ada partai menyatakan dukungan secara resmi siapa-siapa yang akan diusung dalam pilgub Sumsel.

loading...

“Orang lupa proses penjaringan bakal calon gubernur belum dimulai, artinya proses masih panjang, nama yang beredar hari ini masih punya potensi gagal mendapat dukungan partai” Jelas Direktur Litbang IKA FISIP Unsri ini.

Dalam politik elektabilitas itu satu faktor, faktor lain adalah peta konflik politik serta peluang terjadinya konsensus baru dilevel elit terutama dinamika dan perubahan pasca pileg-pilpres juga harus dihitung.

“Kita bisa lihat partai mana yang hari jadi pemenang legislatif, isinya siapa, yang berpotensi tersingkir siapa anomali itu sangat mungkin terjadi dalam pilgub Sumsel” tegas Haekal.

Joncik Muhammad adalah tokoh kuat diKabupaten Empat Lawang, potensi penetrasi pemilih memungkinkan di Pagar Alam, Lahat dan OKI sebagai target potensial dukungan pemilih.

BACA JUGA :  Untuk Kemaritiman, Pemprov Sumsel Sedia Bersinergi

“Joncik adalah figur mumpuni tentu berpeluang mendongkrak dukungan suara apabila koalisi pilgub menemukan momentumnya” tambahnya.

Sementara nama lain yakni Agung Firman Sampurna adalah tokoh Sumsel yang sudah lama berkiprah di Nasional, pengalamannya sebagai Ketua BPK RI, secara keilmuwan dan pengalaman lebih dari cukup untuk kembali berkontribusi di Sumatera-Selatan.

“3 kali pilgub Sumsel, Golkar selalu punya calon yang diusung boleh jadi kejutan politik yang akan menjadi keputusan resmi Golkar adalah Agung Firman Sampurna” tutupnya. (*)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close